Jenis Kain Yang Digunakan Untuk Membuat Pakaian

Dalam bidang usaha fashion, yang di dalamnya termasuk produksi pakaian, penjualan pakaian, produksi sepatu, jual sepatu, dan perangkat lainya yang bisa melekat pada tubuh. Dari banyaknya yang merupakan kebutuhan pokok dalam fashion adalah pakaian. Disini akan di bahas mengenai berbagai bahan yang di gunakan untuk membuat pakaian baik, baju muslim, kaos, dan lain-lain.

Jenis-jenis kain.

  1. Kain Katun ( Cotton )

baju gamis trendyKain katun adalah jenis kain rajut ( knitting ) dengan berbahan dasar serat kapas. Terdapat jenis kain yang hampir sama dengan katun, yaitu kain PE.  Untuk membedakannya, adalah apabila kain katun dibakar, maka baunya seperti kertas atau kayu yang dibakar dan menjadi abu.

Keunggulan:

  1. Tidak kusut apabila dicuci.
  2. Tidak luntur untuk bahan berwarna.
  3. Mudah disablon.
  4. Menyerap keringat.
  5. Tidak berbulu.

2. Kain Pique (lacoste)

Kain lacoste / pique biasa dipergunakan untuk membuat kaos polo / kerah. Untuk membuat kaos kerah, biasanya digunakan kerah jadi.  Kerah jadi adalah bahan kerah yang sudah jadi dibuat oleh pabrik dan tinggal dijahit.

3. Kain PE

Kain PE (PolyEster) adalah kain yang tingkatnya berada di bawah katun.Bahan dasarnya adalah benang polyester. Sama dengan katun, PE juga tersedia dalam bentuk bahan kaos oblong, lacoste/adidas, maupun pike. Untuk kain kaos yang berbahan dasar PE bentuk dan teksturnya hampir mirip dengan kain kaos yang berbahan dasar katun (cotton).

Keunggulan: Murah.

Kelemahan: Pada beberapa jenis PE untuk bahan kaos, kain ini rawan kisut apabila dicuci dan mudah luntur. Pada jenis PE untuk bahan sweater, biasanya suka berbulu sesudah beberapa kali dicuci.

4. Light Weight Wools

Di pikiran kita, kain wol mungkin langsung identik dengan bahan yang berat. Untuk lightweight wools, sesuai dengan namanya, kain wol ini tergolong ringan dan bisa dipadukan dengan apa saja. Jatuhnya di badan pun enak dilihat. Kelebihannya, kain ini agak ‘bandel’ alias tahan banting (awet).

5. Akrilit

Bahan untuk membuat kemeja. Biasanya dikombinasikan dengan rompi berbahan light weight wools.

6. Cashmere

Bahan Cashmere ini tergolong mewah, dengan kualitas prima. Jangan heran bila embel-embel price tagnya pun tergolong menguras kantung. Dipadukan dengan rok yang elegan ataupun dengan jeans saja, cashmere tetap terlihat mewah dan mahal. Semakin sering dicuci, bahan ini akan semakin halus. Tapi perhatikan dulu, tidak sembarang cuci, karena mencucinya pun dilakukan dengan shampoo.

7. Jersey

Untuk bahan Jersey ini, agar terlihat oke dan jatuhnya enak pada lekuk tubuh anda, pilih yang bahannya agak berat. Satu ukuran yang lebih besar akan menghindari kesan pakaian terlalu ketat sehingga tidak enak dipandang.

8. Denim

Tidak ada yang tidak mengenal dan sayang pada jenis bahan satu ini. Denim alias bahan jeans, dicintai semua kalangan. Semakin gelap warnanya, semakin mudah mencari padanannya. Selain itu juga denim yang berwarna gelap akan terlihat lebih rapi dan formal daripada yang terang dan belel.

9. Linen

Kain cantik ini berkerut. Tapi jangan sampai kerutannya malahan menganggu penampilan Anda.

10. Lycra

Lycra biasanya dipadukan dengan bahan pakaian lainya, karena kandungannya hanya beberapa persen saja. Tapi bahan pakaian yang terbuat dari unsure lycra akan lebih tahan lama kerapiannya.

11. Paragon

Jenis kain ini halus seperti kapas. Umumnya digunakan bahan pembuatan Baju Basket. Kualitas IBL Indonesia.

12. D’Tree

Kain berpori penyerap keringat. Biasanya digunakan untuk bahan baju basket juga.

13. Baby Tray

Jenis kain yang bersifat tebal dan halus serta tidak berbulu. Bagian dalamnya lembut seperti selimut. Biasa digunakan untuk bahan Jumper/Sweeter.

Beberapa jenis kain yang biasa digunakan untuk bahan dasar pembuatan baju yang sering kita gunakan ini semoga bisa menginspirasi kita untuk dapat memilih kain yang cocok dan sesuai keinginan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s